Saturday, June 18, 2016

7 Penemuan Luar Biasa Orang Indonesia yang Mendunia

Dalam dunia pendidikan dan teknologi indonesia masih tertinggal jauh dari negara-negara lainnya. Namun bukan berarti orang indonesia tidak berkontribusi apa-apa dalam perkembangan teknologi dan perkembangan zaman. Berikut saya tampilkan tujuh penemuan luar biasa orang indonesia yang sudah mendunia dari zaman ke zaman.
(Khoirul Anwar Penemu Teknologi Jaringan 4G LTE)

1. Pondasi Cakar Ayam (Prof. Dr. Ir. Sedijatmo)
Prof. Dr. Ir. Sedijatmo merupakan lulusan ITB tahun 1934. Beliau menemukan teknologi pondasi cakar ayam tahun 1962 saat sedang membangun 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa-rawa sekitar Ancol, Jakarta. Pondasi yang dibuatnya ternyata mampu mengurangi hingga 75% tekanan pada permukaan tanah di bawahnya dibandingkan dengan pondasi biasa. Pondasi cakar ayam ini kemudian digunakan di Bandara Juanda, Surabaya yang memungkinkan landasan menahan beban hingga 2.000 ton atau seberat pesawat super jumbo jet. Selain di Indonesia teknologi yang sudah dipatenkan ini juga digunakan di 9 negara lain, seperti Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Belgia, Kanada, AS, Belanda.

2. Sistem Penyangga Jalan Layang (Tjokorda Raka Sukmawati)
Pada Tahun 1980 an Tjokorda Raka Sukmawati telah berhasil menemukan teknologi penyangga jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas. Penyangga yang ditemukan dapat diputar sehingga dapat mempermudah pengerjaan jalan layang dan mempersingkat waktu pembangunan. Teknologi ini sudah dipakai di beberapa negara seperti Jepang dan Filipina.

3. Mesin Big Bang (Michael Iskandar)
Mesin big bang ditemukan pada tahun 1949 oleh Michael Iskandar. Mesin Big Bang sering digunakan untuk dunia otomotif. Pembalap terkemuka Valentino Rossi merupakan penggemar teknologi Big Bang ini. Teknologi ini sudah digunakan di negara seperti china dan jepang.

4. Ketela Pemadam Api (Randall Hartolaksono)
Ketela pemadam api ditemukan secara tidak sengaja oleh Randall Hartolaksono. Saat itu beliau sedang melakukan uji coba menggunakan cairan pelumas berbahan kulit ketela pohon di Queen Marry College-London University, Inggris. Randall Hartolaksono menemukan teknologi untuk memadamkan api secara efektif dan ramah lingkungan Ketika itu, cairan buatannya tidak sengaja tumpah dan memadamkan api yang sedang menyala. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata diketahui bahwa cairan tersebut jika terkena panas akan mengeluarkan uap yang dapat menyerang api. Kini temuannya digunakan di berbagai perusahaan pertambangan di penjuru dunia sebagai solusi untuk mengatasi kebakaran.

5.  Pemindai 4 Dimensi (Dr. Warsito Purwo Taruno)
Tahun 2006 Pemindai 4 dimensi yang dinamakan Electrical Capacitance Volume Tomography ditemukan oleh Dr. Warsito Purwo Taruno dan dipatenkan secara internasional. ECVT merupakan teknologi yang menggunakan sensor medan listrik statis yang bisa menampilkan gambar 4 dimensi dari tingkah laku gas dan partikel di dalam reaktor tertutup. Teknologi ECVT ini diperkirakan dapat mengubah drastis perkembangan riset dan teknologi di berbagai bidang, mulai dari energi, proses kimia, kedokteran, hingga nano-teknologi. 

6. Teknologi  Sayap Pesawat Terbang (Bacharuddin Jusuf Habibie)
BJ Habibie merupakan Orang indonesia yang mampu menemukan teknologi sayap pesawat terbang. BJ Habibie telah membuat pesawat terbang nasional dengan kode CN-235. PesawatCN-235 adalah pesawat dengan mesin turbo propeller hasil kerjasama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) dengan CASA asal Spanyol. Pesawat ini mampu mengangkut 2 pilot hingga 45 orang penumpang dengan kecepatan maksimal 509 km per jam dan jarak tempuh 796 km. Pesawat ini kemudian digunakan oleh berbagai maskapai penerbangan sipil dan militer di sejumlah negara di dunia.

7. Teknologi Jaringan 4G LTE 
Jangan heran penemu teknologi jaringan 4G LTE yang kita gunakan sekarang ini  adalah orang indonesia dia adalah Prof. Khoirul Anwar. Teknologi 4G yang ditemukan oleh Prof. Khoirul Anwar merupakan sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Beliau kini bekerja di Nara Institute of Science and Technology, Jepang.

Khoirul adalah lulusan dari Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan cum laude di tahun 2000. Meraih gelar master dan doktor dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada tahun 2005 dan 2008. Ia menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, California, USA.

itulah 7 penemuan luar biasa orang indonesia yang sudah mendunia dan digunakan banyak perusahaan besar. Ikuti terus informasi unik dari seluruh penjuru hanya di www.skyseventh.com.

Related Posts

7 Penemuan Luar Biasa Orang Indonesia yang Mendunia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.