Sunday, April 23, 2017

7 Ide Bisnis dan Peluang Usaha dengan Modal Kecil di Pedesaan

Wirausaha adalah salah satu modal terbesar untuk mengurangi jumlah pengangguran nasional. Berhubung lowongan pekerjaan yang sangat sulit untuk didapat wirausaha adalah pilihan tepat untuk menjadi sumber penghasilan dalam mencukupi kehidupan sehari-hari. Disini saya akan menuliskan peluang usaha khususnya di pedesaan. Mengapa saya mengambil topik pedesaan, karena hampir 70 persen masyarakat indonesia tinggal di wilayah pedesaan dan hanya sekitar 30% yang tinggal dikota.
Menanam yang baik maka kamu akan menuai hasil yang baik
Tinggal di desa bukan berarti tanpa peluang usaha. Memulai wirausaha dan bisnis di desa adalah pilihan yang tepat. Umumnya di pedesaan peluang usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat desa adalah bertani. Namun disamping itu ide bisnis dan peluang usaha di pedesaan tidak hanya bertani masih banyak peluan usaha lainnya yang masih bisa diikuti.

Memulai usaha di desa tidak membutuhkan biaya yang besar. Cukup dengan modal kecil dan kerja keras kesuksesan akan menghampirimu dengan sendirinya.

Beberapa pilihan usaha yang bisa kamu lakukan didesa dengan modal kecil. Berikut ini adalah daftar pilihan usaha yang bisa kamu lakukan di desa untuk menafkahi kehidupanmu beserta keluargamu. Simak rinciannya berikut ini.

1. Bertani Sayuran
Bertani sayur adalah salah satu ide bisnis dan peluang usaha yang bisa kamu lakukan dengan modal kecil. Kamu hanya perlu mempersiapkan lahan olahan untuk ditanami sayur. Jika kamu sudah memiliki lahan pribadi kamu hanya tinggal mempersiapkan dan mengelola lahan. Kamu hanya tinggal mempersiapkan bibit sayuran yang harganya sangat terjangkau untuk kamu memulai usaha. 

Pupuk untuk bercocok tanam sayuran tidaklah sulit untuk di dapat. Kamu bisa membuat pupuk organik dari daun dan ranting yang tersedia banyak di pedesaan. Sayuran sudah bisa kamu panen setelah 2-3 bulan.

2. Beternak Ayam Kampung
Salah satu peluang usaha pedesaan yang bisa kamu lakukan selain bertani sayur adalah beternak ayam kampung. Beternak ayam kampung tidaklah sesulit beternak ayam buras (ayam potong). Kamu hanya tinggal mempersiapkan kandang ayam sederhana dan sedikit lahan untuk tempat ayam bermain-main.

Pangan ayam pun tidak sulit untuk di dapat dan tidak membutuhkan banyak modal untuk membeli pangan ayam.  Disekitar pekarangan rumah terdapat banyak sekali yang bisa untuk panmgan ayam kampung. Mulai dari rumput-rumputan, cacing tanah dan biji-bijian bisa dijadikan sebagai pangan ayam. 

Limbah dapur seperti sisa-sisa makanan bisa kamu peroleh secara gratis dari tetangga kamu untuk menjadi pangan ayam. Selain limbah dapur ada singkong (ubi kayu) yang bisa kamu jadikan pangan ayam kampung. Intinya kamu mau berusaha maka usaha ternak ayam kampung sangat menjanjikan.

3. Usaha Barang Rongsokan (Kara-Kara)
Usaha barang rongsokan (kara-kara) bukan berarti kamu menjadi pemulung. Kamu bisa menjadi boss dan pengepul barang rongsokan dari pemulung yang ada dipedesaan. Kamu bertugas sebagai penampung dan pembeli barang rongsokan dari pemulung untuk kamu jual kembali ke pengusaha rongsokan atau kara-kara di kota.

Peluang usaha sebagai pengepul barang rongsokan sangat menjanjikan. Banyak barang-barang bekas dari limbah rumah tangga yang masih bernilai ekonomis untuk dijual kembali sebagai barang rongsokan. Terbukti banyak pengusaha kara-kara yang sukses dan naik kelas menjadi pengusaha properti.

4. Beternak Bebek
Salah satu peluang usaha dengan modal kecil lainnya adalah beternak bebek. Banyak yang menganggap beternak bebek memrlukan biaya yang besar, tetapi pemikiran itu salah. Beternak itik tidak memerlukan modal besar kamu bisa memulainya dengan modal kecil.

Bebek sangat bernilai jual tinggi. Mulai dari daging yang bisa dijual bahkan telor bebek sangat menjanjikan sebagai peluang usaha. Harga telor bebek saat ini kisaran 2000-2500 per butirnya. Bisnis ternak bebek ini bisa kamu lakukan untuk mendongkrak kehidupan kamu.

Kolam sebagai habitat hidup bebek perlu kamu persiapkan. Membuat kolam bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu menyewa alat berat ataupun menyewa pekerja untuk melakukannya. 

Setelah persiapan kolam selesai kamu bisa membeli bibit bebek dan mempersiapkan tanaman untuk menghiasi kolam yang juga bisa menjadi pakan bebek.

Selain tanaman kolam pakan bebek juga bisa kamu peroleh dari sisa makanan rumah tangga dan bisa kamu peroleh secara gratis. Mudah bukan untuk beternak bebek udah nunggu apalagi bro...

5.  Budidaya Ikan Air Tawar
Selain bisnis bebek kamu juga bisa berbisnis ikan air tawar seperti ikan mas, ikan nila, ikan patin dan ikan nila. Ikan air tawar seperti ikan mas, nila, lele dan patin adalah ikan konsumsi yang disukai masyarakat indonesia baik yang ada di desa maupun yang ada dikota.

Budidaya ikan-ikan ini pasti sangat menguntungkan, apalagi harga jual dari ikan-ikan tersebut terbilang fantastis. Biaya pemeliharaan dan pakan ikan-ikan tersebut juga tidak mahal. Banyak pakan bisa kamu peroleh secara gratis dipedesaan.

Usus ayam potong bisa kamu jadikan sebagai pakan ikan tersebut. Kamu bisa mendapatkan pakan dari penjual ayam potong yang ada di desakamu. Selain usus ayam kamu bisa memberi pakan ikan dengan sisa makanan dapur, rayap hingga serangga seperti laron yang bisa kamu dapatkan secara mudah.

Selain itu kamu tinggal membeli sedikit makanan lagi seperti pelet ikan untuk melengkapi kebutuhan pakan ikan air tawar. 

6. Berkebun Singkong
Berkebun singkong adalah pilihan dan peluang usaha yang masih sangat menjanjikan. Berbagai manfaat singkong mulai dari umbi dan daun singkong masih bisa kamu manfaatkan sebagai penghasilan. Daun singkong bisa kamu jual sebagai sayur di pasar tradisional dengan harga Rp1000/ikat dan ubi singkongnya bisa kamu jual dengan harga Rp3000/kg.

Selain itu kamu masih bisa memanfaatkan singkong sebagai makanan olahan rumahan seperti keripik singkong dan kue-kuean dari singkong.

Usaha kebun singkong tidak membutuhkan biaya yang besar cukup mempersiapkan bibit berupa batang singkong yang bisa kamu dapatkan secara gratis atau membelinya dengan harga yang murah.

Berkebun singkong tidak harus dengan lahan yang terlalu subur. Seperti kata pepatah orang batang singkong kamu campakkan kemana saja bisa tumbuh. maksudnya ke tanah dimana saja.

Untuk menuai hasil yang produktif kamu bisa menggemburkan tanah terlebih dahulu dengan menambahkan pupuk organik di awal sebelum penanaman. Setelah itu tanam bibit dan tunggu hasilnya selama 2-3 bulan. Selain makanan olahan singkong juga bisa jadi pakan ternak loooh ingat itu singkong banyak manfaatnya dan bisa jadi penghasilan utama kamu.

7. Rumah Produksi Olahan Makanan Ringan
Berbagai komoditas pertanian dan perkebunan banyak yang bisa dimanfaatkan lebih lanjut menjadi makanan ringan olahan. Seperti singkong, ubi jalar, pisang dan masih banyak lainnya yang bisa dijadikan makanan ringan olahan rumah tangga. 

Memproduksi makanan ringan olahan ini memang membutuhkan biaya lebih besar tetapi kamu bisa mengatasi ini dengan cara mendirikan Usaha Kelompok tani dengan sistem bagi hasil. Usaha kelompok ini banyak didirikan di seluruh nusantara dengan kepala desa sebagai penanggung jawab. 

Kamu juga bisa sebagai pemimpin usaha kelompok ini dengan mengajak masyarakat dan menjelaskan program usaha yang kamu miliki. Usaha dan kemauan kamu dituntut untuk mensukseskan usaha kelompok ini.

Itulah 7 ide bisnis dan peluang usaha dengan modal kecil yang bisa kamu lakukan di desa kamu. Jadilah pengusaha untuk mengurangi pengangguran di desa kamu.

Kata motivasi bisnis yang bisa kamu jadikan inspirasi.
Setiap usaha dan kerja keras pasti membuahkan hasil. Yang dikatakan "Gagal" adalah ketika kamu berhenti mencoba.
Terima kasih selamat mencoba dan menerapkan ide bisnis ini untukmu, keluargamu dan masyarakat disekitarmu. Semoga dengan tulisan ini kamu mendapatkan inspirasi untuk menjadi pengusaha.

Related Posts

7 Ide Bisnis dan Peluang Usaha dengan Modal Kecil di Pedesaan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.