Kamis, 14 Mei 2020

Cara Cepat Mendapatkan Uang dari Channel Youtube dan Peralatan yang Harus Disediakan

Cara mendapatkan uang dari youtube selalu menjadi perbincangan yang hangat disetiap kalangan. Bagaimana tidak, menjadi youtuber sudah menjadi cita cita para netizen karena bisa menghasilkan banyak uang.

Ditambah lagi dengan kasus pandemi COVID-19 membuat sebagian masyarakat terisolasi, tentunya youtube adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang lewat internet yang bisa dilakukan di dalam rumah, di luar ruangan tanpa melibatkan banyak orang.

Boleh saja mencita citakan untuk menjadi youtuber, tetapi kamu harus tau tata cara dan langkah apa saja yang harus kamu lakukan untuk membuat channel youtube agar bisa menghasilkan.

Channel Youtube
Youtube sudah pasti berkaitan dengan video, jadi untuk membuat channel youtube kamu harus menghasilkan video yang nantinya bisa kamu unggah. Apa saja syarat video yang bisa menghasilkan uang dari youtube?

1. Video unik dan Menarik
Video unik dan menarik tentunya harus menjadi syarat utama agar bisa menghasilkan pada situs youtube. Kamu bisa melakukan apa saja untuk membuat video yang terpenting unik dan memiliki ciri khas dan kategori khusus. Misalnya youtube gaming, tutorial. tips, life-hack, prank ataupun banyak kategori lainnya yang bisa kamu unggah. Ingat! yang penting khusus, sejenis dan tidak gado gado.

2. Original dan Tidak Terkena Copyright (Hak Cipta)
Youtube sangat tidak menyukai konten video hasil copy dari channel lain. Kemungkinan terbutuk channel youtube kamu bisa kena penalti dan resiko terburuknya adalah banned permanen.

Konten curian atau duplikat sudah pasti tidak bisa untuk di jadikan penghasilan. Jadi jika kamu terpikir untuk membuat konten duplikat atau remake sejenisnya lupakan saja itu hanya akan menjadi sia-sia dan buang buang waktu.

Apa saja konten yang melanggar di youtube?

Banyak konten video yang tidak bisa atau dilarang pada program kebijakan youtube. Berikut konten yang dilarang oleh youtube.
  • Konten yang mengandung unsur suku, ras dan agama
  • Konten yang mengandung unsur seksual dan ketelanjangan
  • Konten yang mengandung pelecehan
Apa saja konten yang tidak bisa diiklankan?
Ada banyak konten yang tidak bisa di monetisasi seperti konten dewasa, konten yang berisi tentang senjata api atau baca selengkapnya pada kebijakan google disini.

Ada baiknya sebelum membuat video baca dulu kebijakan kebijakan pada youtube agar nantinya tidak merugikan diri sendiri.

Bagaimana kita menghasilkan uang dari youtube?
Setelah membaca pedoman dan kebijakan google selanjutnya saya akan menjelaskan sumber penghasilan yang bisa didapatkan dari youtube.

Penghasilan dari youtube bisa kita dapatkan dari Youtube Partner Program (YPP). Youtube partner program sering kita kenal dengan youtube adsense. Jadi agar bisa menghasilkan dari youtube kita harus mengaktifkan youtube adsense.

Apa saja syarat untuk monetisasi channel youtube?
Kebijakan monetisasi chanel youtube yang diperbaharui tanggal 16 januari 2018 menyebutkan syarat agar channel youtube bisa dimonetisasi adalah:
  • Telah memiliki 1000 Subscriber
  • Telah memiliki Waktu tonton 4000 Jam selama 12 bulan terakhir
Bagaimana Cara Menghasilkan Cepat dari youtube?
Banyak cara agar channel youtube yang kita bangun bisa cepat menghasilkan tetapi harus sebanding dengan uhsaha yang akan kita lakukan. Berikut cara-caranya.

1. Buat Konten Viral
Konten yang sering mendapat banyak tayangan adalah konten yang viral dan unik. Contoh konten viral seperti youtube mobile legend, gaming, dan tiktok.

Selain konten di atas ada juga konten prank, konten tentang percintaan yang bisa bikin baper dan konten-konten lucu. Kalau kamu punya suara yang unik dan bagus kamu bisa buat konten tentang cover lagu.

Selain konten di atas salah satu konten yang paling sering dicari adalah konten tentang anak-anak seperti mengenal warna, permainan anak-anak dan tentang binatang-binatang lucu.

2. Promosi Konten
Buat konten tanpa promosi sama halnya dengan jual makanan dihutan, sudah pasti ga ada yang beli. Jadi setiap konten yang telah dibuat silahkan lakukan promosi yang gratisan dulu ga perlu berbayar.

Untuk youtuber pemula cukup promosi lewat facebook. Caranya bisa share di beranda kamu. di grup facebook khusus youtube yang sesuai dengan tema youtube kamu. Untuk promosi berbayar di awal pembuatan masih belum perlu.

Cara membuat Konten Youtube
Setelah membaca kriteria tersebut langkah selanjutnya adalah membuat konten atau video. Buatlah konten yang menarik, kreatif, menghibur dan tentu saja bermanfaat. 

Untuk membuat konten  youtube sudah pasti kita harus memiliki peralatan-peralatan utama maupun penunjang. Misalnya untuk gaming kita harus siapkan studio untuk gaming dan tentunya kamera untuk merekam video kita waktu bermain game. Berikut ini peralatan umum yang digunakan untuk membuat video youtube.

1. Camera
 Untuk membuat video sudah pasti kita harus memiliki camera. Camera adalah item wajib yang harus kamu miliki untuk merekam dan mengambil gambar. Jika tidak memiliki camera, kamu juga bisa menggunakan camera handphone sebagai alternatif.

2. Microphone
Fungsi utama microphone adalah untuk memperjelas dan menjernihkan suara. Video tanpa audio yang bagus ibarat nonton televisi ga pakai suara, rasanya tidak enak dan membuat tidak nyaman. Untuk kategori ideo tertentu kamu tidak harus memiliki microphone. Microphone ini dikhususkan untuk konten seperti cover lagu dan youtube gaming.

3. Tripod atau Monopod
Fungsi tripod atau monopod adalah untuk menstabilkan camera agar hasil video yang didapatkan memuaskan. Untuk konten seperti prank, gaming dan video aksi lainnya kamu harus memiliki ini. Biasanya peralatan peralatan seperti ini khusu untuk youtuber profesional. Untuk pemula bisa menggunakan peralatan yang seadanya.

4. Laptop atau Komputer
Laptop atau komputer adalah salah satu peralatan yang wajib kamu miliki agar bisa menghasilkan uang dari youtube. Fungsi laptopb biasanya digunakan untuk upload, optimasi dan editing video. Hasil rekaman berupa video nantinya akan kita masukkan ke komputer untuk di permak menjadi sebuah video yang unik dan menarik.

5. Software Edit Video dan Foto
Untuk menghasilkan video dan gambar yang menarik tentunya kita harus menambah efek melalui editing. Selain itu software bias digunakan untuk mencerahkan, memotong video, membuang hasil video yang tidak diinginkan bahkan kita bisa menambahkan efek suara.

Beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk edit foto seperti: Adobe Premiere Pro, Corel Video Studio dan Filmora.

6. Lighting
Lighting biasa digunakan untuk pencahayaan. Baik waktu pencahayaan saat shooting video pada malam hari ataupun dalam ruangan gelap. Kamu tidak harus memiliki alat ini, kecuali jika harus mengambil video dalam keadan gelap.

7. Stabilizer Camera
Stabilizer camera biasanya digunakan mengurangi keburaman video saat pengambilan. Biasanya alat ini untuk profesional. Khusus youtuber pemula kamu belum perlu untuk memiliki alat ini.

8. Koneksi internet
Koneksi internet sangat wajib kamu miliki untuk mengunggah dan mengoptimasi akun youtube. Jika kamu kesulitan, kamu bisa mempersiapkan video terlebih dahulu, setelah video siap untuk di unggah, kamu bisa mengunggahnya di warung internet (warnet) ataupun menggunakan wifi cafe, wifi mall ataupun kampus.

Saya simpulkan dari 8 item di atas yang harus kamu miliki adalah camera/handphone, computer, jaringan internet dan software untuk edit video.

Topik atau Niche
Setelah mengetahui peralatan sekarang kamu tinggal pilih topik untuk channel youtube kamu. Berbagai topik bisa kamu ikuti, pilih salah satunya. Pastikan tidak memilih banyak topik, usahakan memaksimalkan satu topik saja. 

Topik yang paling popular belakangan ini adalah mengenai Gaming, horror dan permainan anak-anak. Pastikan video kamu unik kreatif dan menarik.

Perhatikan kualitas video agar penonton tidak terganggu. Menambahkan musik pada bagian tertentu akan menambah minat dan durasi tonton pada video kamu.

Durasi Tonton
Semakin lama durasi seseorang menonton video yang kamu buat berarti video kamu bisa dikategorikan sebagai video yang bermanfaat dan menarik. Jika semakin kecil waktu tonton untuk setiap video yang kamu unggah berarti videoyang kamu miliki tidak berkualitas dan bisa berakibat penalti.

Ingat faktor durasi tonton akan sangat berpengaruh untuk youtube adsense kamu. Jadi usahakn buat video yang menarik dan sudah pasti berkualitas.

Setelah memenuhi persyaratan 1000 Subscriber dan 4000 jam durasi tonton, kamu sudah bisa mengajukan untuk monetisasi melalui program youtube partner program. Jika sudah berhasil kamu tinggal menunggu pundi pundi penghasilan dari hasil tayangan youtube. 

Usahakan update konten youtube secara konsisten untuk menjaga viewer dari channel youtube kamu.

Itulah cara  menghasilkan uang dari youtube beserta peralatan yang harus kamu siapkan untuk memulai menjadi youtuber. Selamat mencoba semoga sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: